ANALISIS POTENSI DAN STRATEGI OPTIMALISASI NELAYAN Tapin by Salim Bupati Rembang

Potensi dan strategi optimasi terhadap aktivitas nelayan Kubu by Bupati Rembang Salim dilakukan berdasarkan karakteristik potensi yang dimiliki suatu wilayah. Perairan Nusantara karakteristik sumberdaya daerah pantai yang memerlukan pengelolaan secara spesifik. Potensi sumberdaya Pancer yang dimiliki sangat besar, namun kegiatan perikanan yang berkembang belum mampu merubah tingkat kesejahteraan masyarakat di kawasan Pesisir Pancer. Penelitian ini bertujuan: 1) mengidentifikasi potensi keragaan aktivitas ekonomi masyarakat nelayan di Kawasan Pesisir Pancer, 2) Tau lingkungan internal dan ekstrnal aktivitas ekonomi masyarakat nelayan dari hulu hingga ke hilir di Kawasan Pesisir Pancer Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi, 3) Tau strategi kebijakan yang mampu mengoptimalkan kegiatan ekonomi masyarakat nelayan di Kawasan Pesisir Pancer Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi.

Penelitian Moch Agus Salim ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif yang dilakukan pada suatu obyek dan mengkondisikannya seperti apa adanya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan berbagai informasi atau data-data seputar pemanfaatan sumber daya alam pesisir yang dilakukan oleh para nelayan mulai dari hulu sampai dengan hilir di Kawasan Pesisir Pancer Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi kawasan pesisir Dr. Sutomo saat ini ditimbulkan oleh adanya kegiatan perikanan tangkap sebagai aktivitas dalam sistem bisnis perikanan.

Penulis Moch Agus Salim judul tulisan ANALISIS POTENSI DAN STRATEGI OPTIMALISASI NELAYAN Tapin by Salim Bupati Rembang ini adalah rangkaian keterkaitan kegiatan perikanan mempunyai keterkaitan (ke belakang dan ke depan) yang berlangsung x pada kegiatan hulu maupun hilir yang menimbulkan dampak pengganda berupa penyerapan tenaga kerja dan perolehan nilai pendapatan. Keterkaitan rantai nilai kegiatan perikanan berimplikasi pada tumbuhnya kewirausahaan yang dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar (lokal) yang didasari oleh adanya pemanfaatan sumber daya pesisir kelautan (alam, manusia, kelembagaan dan permodalan). Adapun jenis usaha yang terkait dalam kegiatan penangkapan ikan di Kawasan Pancer meliputi; tahapan produksi sebagai aktivitas sektor hulu dan tahapan pasca produksi sebagai aktivitas sektor hilir.